purezento


purezento dalam bahasa jepang mungkin artinya adalah kado. kado mungkin berasal dari bahasa perancis yaitu cadeau. kado adalah kata khusus dari hadiah. orang bijak pernah berkata “saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai”. super sekali bukan..

beberapa hari yg lalu, uni saya mencapai usia pernikahan yang ke-satu dengan suaminya. lalu, saya iseng-iseng ingin memberikan hadiah. mungkin kamu juga pernah ingin memberi hadiah kepada seseorang, namun tidak tahu hendak memberi apa. nah, karena saya sudah melalui masa-masa itu, maka saya coba sedikit berbagi di sini barangkali bisa mencerahkan kita semua.

bertanyalah. pagi itu saya iseng online di fb, kemudian di saat yang bersamaan online pula salah seorang teman uni saya waktu sma dulu. tanpa menunggu aba-aba lagi, saya langsung menyapa dan menanyakan,

“mbak, klo boleh saya tau, ibunya pedagang bunga ya?”
ihi, knp emang? aku cantik ya seperti bunga?
“bukan, muka mbak kayak pot bunga.. fufufu”

ah tentu saja bukan dong, saya hanya tanya hadiah apa yg sebaiknya saya berikan untuk uni saya. dari beliau ini saya dpt inpoh, biasanya yg dibelikan itu couple shirt, kitchen set, atau sprei. hmm.. menarik juga, pikir saya dalam hati. tapi si mbak itu (sebenarnya dia tidak mau dipanggil mbak, maunya dipanggil nama aja) kemudian berkata lagi, sebaiknya tanyakan saja langsung pada uni saya, dia lagi butuh apa. soalnya mbak itu tidak suka bila ada hadiah yang diberikannya tidak dipergunakan.

benar juga. namun, saya sudah terlanjur tertarik dgn ide couple shirt, yg secara otomatis direkayasa di dalam pikiran bawah sadar saya menjadi trio shirt (uni saya + suaminya + anak bayinya). maka saya simpan dulu ide “tanya langsung” ke dalam kotak saran.

janganlah jadi deadliner. saya membeli (dan masih memikirkan) hadiah di hari-h. seharusnya jangan demikian, karena kita jadi tidak bisa memilih-milih secara matang hadiah yang akan dibeli. usahakan hadiahnya sudah terpikirkan jauh2 hari, sudah tau tempat belinya, serta bila perlu sudah dibeli dan dibungkus. akibat waktunya mepet, saya tidak menemukan tempat yang menjual trio shirt. akhirnya saya keluarkan ide “tanya langsung” yang tadi.

saya sms uni saya, dia mau apa untuk hadiah. lalu dia jawab “emas batangan :p”
(—..—- ‘)
tapi sekali lagi pikiran bawah sadar saya langsung merekayasa emas batangan menjadi coklat. coklat yg batangan kan bungkus dalemnya warna emas, nyahnyahnyah. 😆 saya langsung pergi ke swalayan dan mencari coklat batangan.

hoki. begitu sampai di swalayan tanpa sengaja saya melewati bagian handuk warna-warni. handuknya motifnya sama, namun dengan berbagai pilihan warna dan ukuran. saya langsung teringat dengan hot thread di kaskus beberapa minggu yang lalu, tentang melipat handuk seperti domba.

nah, jadi bisa kita tambahkan tips yang keempat, yaitu banyaklah membaca. dengan membaca, pikiran kita jadi terbuka, pengetahuan kita jadi bertambah luas. hampir semua teman2 saya yg sukses adalah orang yang suka membaca. bacalah, bacalah, bacalah.

lanjut tips yang kelima, ini selingan saja, berhubungan dengan transportasi. jika anda dari bandung, trus mau beli hadiahnya di jakarta, lalu dari bandung ke jakarta naik travel via cipularang, dan berangkat pagi, maka janganlah duduk di sebelah kanan. sebab matahari akan menyinari bagian kanan mobil. duduklah di sebelah kiri. kecuali jika anda suka berpanas-panasan. percayalah.

membungkus kado. sebaiknya mintalah bungkuskan kepada petugas yg sudah berpengalaman untuk mengurangi resiko. namun, pada kasus saya, krn saya harus melipat-lipat dulu handuknya, terpaksa saya harus membungkus kado sendiri. ya meskipun tidak rapi, yang penting kadonya terbungkus. 😆 jangan lupa, sertakan tulisan yg berisi ucapan dan doa.

jangan salah tanggal. kebetulan uni saya menikah tanggal 10-10-10, tanggal yang cantik bukan? sehingga mudah mengingatnya. jadi membayangkan, bagaimana ya rasanya kalo tanggal ultah suami sama dengan tanggal ultah istri dan juga dengan tanggal perkawinan mereka. momen berhadiahnya jadi berkurang dong ya.

saya teringat sebuah film, ada perempuan dan laki2 yg tanggal ultahnya sama, ultahnya perempuan dirayain. trus pas besoknya si perempuan nanya ke si laki2, kapan dia ulang tahun, si laki2 menjawab:

it was yesterday.
how do you mean? the same day? i don’t believe it! really?
yes, really.
why didn’t you say it?
i didn’t want to steal the attention from you.

buaaaa.. 

tulisan ini saya persembahkan untuk uni saya, tukang bungkus kado paling rapi se-arcamanik. suaminya, mas gagah didon. dan anak bayi mereka, shanum :D. ehe

16 Responses

  1. “Emas batangan” tuh emang jawaban yang sangat-sangat Bundi banget ya. =_=;; Apaan tuh “Mas gagah Didon”? :O Oh dan satu lagi: ngapain beli kado jauh-jauh ke Jakartaaa?

  2. (‾‾‾‾‾‾••‾‾‾‾‾‾“)” iya ya, bundi banget..

    itu suman buat banyakin tipsnya aja, biar rame gitu.. belinya kan di ciwalk.. =_=;;

  3. Hmmmm “cadeau” kalo dibaca agak mirip2 ama “kado”-nya Indonesia ya… 😀

  4. iya kan..
    kedow
    😆

  5. Tekor dah saya kalau harus kasih hadiah emas batangan :p

  6. kado aja tuh gakda ucapannya …
    ….. Do’anya mana Chenk

  7. kado aja tuh , gakda ucapannya ….. Do’anya mana Chenk

  8. oiya ma, klo yg kado mama udh lgsg dibungkus sama petugasnya..
    ucn lupa masukin tulisan2nya ucapannya.. :p
    doanya dlm hati aja ma..

  9. nice info 🙂

    kunjungan dan komentar balik ya gan

    salam perkenalan dari

    http://diketik.wordpress.com

    sekalian tukaran link ya…

    semoga semuanya sahabat blogger semakin eksis dan berjaya.

  10. aamiin..
    oke..
    trimakasi sudah mampir 😀

  11. Ini adalah kunjungan balik saya gan

    salam perkenalan 🙂

  12. lha tadi kan udah di atas *tepokjidat

  13. aheeuuuww.. baru liat postingan yang (sekali lagi) didedikasikan untukku.. hauhauhau.. terharuuuuu T___T
    anw, jadi seperti ini perjalanan si handuk domba itu? hihihi.. nanti kalo udah kaya kasih emas batangan beneran yaaa 😀 tq, brother.. for everything ^^

  14. ituu avatarnya reman kali pun
    -_________________-

  15. yg ini beda emailnya si,
    mgkn di foto emailnya..

Leave a comment