air tanah cinta (atc)

sedianya, judul posting kali ini adalah cinta tanah air. namun, mengingat tren yg sedang berkembang di masyarakat saat ini, yaitu kebanyakan judul yg diakhiri kata cinta akan menjadi best seller (ada apa dengan cinta (aadc), ayat ayat cinta (aac), dan lain lain (dll)), maka judul posting ini pun bernasib demikian..

apa sih yg bisa meningkatkan rasa cinta tanah air? sejak es-de sampai es-em-a, aku diajarkan guru pmp-ppkn bahwa salah satu cara meningkatkan rasa cinta tanah air adalah dg upacara bendera setiap minggu setiap hari senin, selain untuk mengenang jasa para pahlawan.. namun, aku pikir, upacara tidaklah terlalu significant dalam meningkatkan rasa tersebut. menonton timnas indonesia berlaga di ajang piala asia, mendengar kabar bahwa tim antarmuka berhasil meraih rural innovation award di ajang imagine cup, menonton nova widianto-lilyana natsir bertanding di olimpiade beijing, sepertinya lebih bisa membangkitkan rasa cinta tanah air, khususnya bagi remaja sepertiku.. cieh, remaja..

kenapa sih tanah air kita pantas untuk dicintai? apakah karena kita berpijak di tanahnya dan meminum airnya? jika seandainya kita adalah rakyat negara lain, misalnya israel, apakah kita akan tetap mencintai tanah air? atau malah malu karena bertanah air nakal? hmm..

oiya, katanya tanah air kita ini udah merdeka 63 tahun. tp, dari arti kata “merdeka” (tau ga arti kta merdeka? aku juga baru tau saat tingkat 3 awal, dikasi tau salah seorang dosen itb, mau tau? hoho, klo mau, pm aja yaa..), menurutku kita belum merdeka. jadi, yg 63 tahun itu ya, proklamasinya. abis gmn mau merdeka beneran, lha wong di pemerintahan dan di dewan wakil rakyat aja masi ada (agak banyak malah) orang2 nakal, dan bodoh..

//intermezzo
aku jadi ingat joke dari salah seorang dosen di teknik informatika, ini beda dg dosen yg td loh ya, kata beliau kira2 gini: “mahasiswa yg dapet nilai a, ntar pas udah lulus akan menjadi dosen. yg dapet b, jadi pegawai. yg dpt c, jadi pengusaha. nah yg dpt d ama e, inilah yg jadi anggota dpr..” ini beneran kata si dosen itu loh ya..
//end of intermezzo

trus, generasi mudanya, dari kecil udah dicekoki dg sinetron sampah dan film horor ga jelas serta lagu2 untuk orang dewasa. selain itu, beberapanya juga udah mulai mempraktikkan kecurangan seperti titip absen. olala.. di kampusku aja, meskipun banyak keunggulan2 dan kebaikan2, masi ada yg nitip absen pas kuliah, padahal kampusku ini katanya “institut terbaik bangsa” loh,,

//intermezzo 2
ngomong2 kampus, aku jadi ingat percakapan antar 2 orang, di kursi di belakang kursiku, dalam sebuah travel yg aku tumpangi dari jakarta ke bandung. kira2 beginilah dialognya:
(nama disamarkan)
frengki: eh, sori, gw frengki, nama lo siapa?
jordi: jordi,
frengki: kuliah dmn? angkatan?
jordi: unb (anggaplah unb ini nama kampusku), teknik penggaraman 2006, kamu? (anggaplah teknik penggaraman ini nama jurusan, disamarkan juga)
frengki: hoo, gw teknik sastra-wardaya, udh lulus gw,, (anggaplah teknik sastra-wardaya ini nama jurusan, disamarkan juga)
frengki lagi: unb skrg gmn? belajarnya enak ga?
jordi: ngngng.. (mikir bentar, agak lama, akhirnya belum sempat dijawab, si frengki udah nanya lagi)
frengki: dosennya gmn? enak ga?
jordi: ngngng.. (mikir bentar, agak lama juga) ada yg enak, ada yg ngga sih..
frengki: rektornya gmn?? enak ga??
dan sodara-sodara mungkin sudah bisa menebak, dari tiga pertanyaan berurutan td, pertanyaan terakhir inilah yg paling cepat dijawab oleh si jordi, dgn suara yg lantang dan meyakinkan serta tanpa perlu dipikir panjang-panjang..
//end of intermezzo 2

haduu, udah dulu ah, capek. maap klo isinya acak2an dan menggantung-gantung. oiya, krena tulisan yg baik harus ada pesannya, maka pesanku begini aja (sebenarnya pesan dari aa gym sih, di modip dikit depannya):

untuk mengubah tanah air kita tercinta ini menjadi lebih baik, lakukanlah dgn 3m.
mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yg kecil, dan mulai dari saat ini..

dan satu lagi:

katanya yg bisa menindas mahasiswa hanya tuhan, itupun kalau dia mau.

dan terakhir, (yg ini beneran terakhir,, janji deh):

karena bentar lagi mau ramadhan, biar ibadahku diterima, tolong semuanya maaafin kesalahan2-ku ya,, pliiss.. insy4jj yg ada salah, udah aku maafin juga.. selamat menunaikan ibadah shaum.. semoga ramadhan kita kali ini lebih baik dari ramadhan2 sebelumnya..^^

-just write what you can’t remember, what you can’t tell-