kebiasaan suami istri

salah satu anugerah yang indah seperti surga dunia adalah, apabila kita telah mempunyai kebiasaan yang baik sejak dini. ada orang yg dari balita sudah terbiasa sit-up 1000 kali setiap pagi, mgkn perutnya pada saat remaja sudah menjadi sekeras baja tank leopard. ada org yg kebiasaan dari sd setiap pulang sekolah selalu memasukkan uang 100 ribu ke celengan, mgkn saat remaja dia sudah mampu membeli tank leopard sbg kendaraan untuk berangkat kuliah. ada juga orang yg suka meneliti di laboratorium sejak lulus sd, mgkn saat remaja dia sudah bisa mendapat berbagai penghargaan di bidang ilmu dan teknologi. dan direkrut menjadi salah satu insinyur di pabrik pembuatan tank leopard.

ya, kebiasaan baik sangat berpengaruh bagi kesehatan, kebahagiaan, kecerdasan, dan kehidupan kita secara umum. lah kalo kita belum punya kebiasaan yg baik gmn?? tidak semua orang punya kebiasaan yg baik kan?? sabar dong.. inilah makanya saya mau tulis tips untuk bisa membangun kebiasaan (bisa baik, bisa juga buruk, tapi yg kita harapkan tentu kebiasaan yg baik).

1. mudah banget, ga mgkn ga bisa

mulailah dengan sesuatu yg mudah, yg ga menyusahkan kita sama sekali, hampir tanpa usaha. misalnya mau punya kebiasaan push-up tiap hari, maka mulailah dg push-up satu kali satu hari. bila satu kali terasa sulit, cobalah setengah kali satu hari, atau seperempat. pokoknya jangan sampai ada rasa susah sedikit pun.

kalau kita mau melakukan sesuatu kebiasaan yg terasa susah, kadang kita bisa beralasan: aduh, butuh motivasi nih.. aduh, lagi ga mood nih.. jadi mulailah dengan suatu kebiasaan yg sangat ringan, yg bisa kamu lakukan meski tanpa motivasi sekali pun.

2. bagi-bagi 

saat kita sudah terbiasa dgn yg mudah, dan berniat menambah kesulitannya, maka jangan langsung dilakukan sekaligus. tapi bagi-bagi lah dulu. misalnya kita sudah terbiasa baca al-quran satu ayat sehari, mau meningkat jadi 5 ayat sehari, maka bagilah menjadi 2 ayat di waktu pagi, 3 ayat di waktu malam, atau 2 ayat setiap selesai sholat subuh, 3 ayat abis sholat magrib, dsb. yang apabila ditotal, jumlahnya tetap 5 ayat. tapi ingat, sebaiknya tidak menambah dulu apabila dirasa menyulitkan (ingat tips 1).

3. jgn kelewatan dua kali berturut-turut

konsistensi atau istiqomah adalah tujuan utama dari membangun kebiasaan. untuk kebiasaan yg bersifat harian, ada baiknya apabila kita mempunyai kalender buatan sederhana. setiap tanggal kita tandai apabila sudah melakukan target harian. cara ini bisa menjadi bahan evaluasi dan pengingat kita apabila telah melewatkan suatu target, sehingga kita akan segera sadar dan termotivasi supaya besoknya tidak melewatkannya lagi.

kalender

orang2 sukses juga terkadang khilaf, membuat kesalahan, dan keluar dari jalur. bedanya dengan yg tidak sukses adalah, mereka cepat sadar dan segera kembali ke jalur yg benar. jangan sampai melewatkan rutinitas kita dua kali berturut-turut, alias, jangan sampai kita malah jadi terbiasa tidak melakukan hal yg ingin kita biasakan.

sekian tips dari saya, semoga bermanfaat dalam menjadikan hidup yg lebih sehat, cerdas, dan bahagia. kalo ada yg bertanya-tanya, itu kenapa judulnya begitu, kok di isinya tidak ada dibahas ya? maka jawabannya adalah: “blog aink, kumaha aink” atawa “saya yg punya blog, ya terserah saya lah mau nulis apa, kok situ yang nyolot.”

nah lho.

dibuat dalam rangka memperingati hari stroke se-dunia, 29 oktober 2014. mari kita biasakan makan sayur dan buah (idealnya 5 porsi sehari), olah raga aerobik (minimal 3 kali se-pekan, masing2 selama 30 menit), hentikan kepul asap rokok, hindari pengaruh alkohol, lepaskan belenggu stress. waspada tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat.

 

Advertisements