umpatan jalanan

sering kali saya berjumpa
dengan orang yang tenang dan bersahaja
tutur kata lembut kala menyapa
senyum merekah, berseri muka

itu ketika sedang biasa..

namun bila berada dalam kemacetan
ia seperti berganti peran
antagonis berwajah preman
seperti manusia lain kebanyakan

ketika lalu lintas padat
celah setipis tisu pun disikat
naluri tak lagi peduli taat
semua ingin sampai cepat

lupa pada utamakan selamat..

anjing, monyet, babi, dan tai
mengapa tak bisa menghargai
begitu mudah kita membenci dan mencaci
bukankah manusia punya akal dan hati

yang baru bisa nyetir
janganlah dibentak dan disindir
namanya juga masih amatir
hati-hati saja kalau dia pandir

seandainya dia teman akrab kita
tentu kita hanya tertawa-tawa
melihat tingkahnya berkendara
walaupun kesalahannya sama

tidak perlu dongkol menyesakkan dada..

karena buntutnya bisa panjang
mungkin terbawa ke ruang sidang
minimal suasana kantor menjadi tegang
atau keluarga di rumah ikut kena berang

di jalanan yang gerah
pikiran kacau terpecah belah
damainya hati sirnalah sudah
mengumpat pun menjadi mudah

mungkin sebab kita jarang tuma’ninah..

mari bersama kita coba tahan
bila hinaan hendak diucapkan
atau mau menghardik dengan penglihatan
meski sepertinya susah tanpa latihan

tapi kebetulan sebentar lagi Ramadhan..

 

 

 

selamat melatih kesabaran, selamat menambah ibadah, mohon maaf lahir dan batin..

Advertisements

pemuda dan awan

bercak luka perih menggelora bercerita
tentang kisah yang terhalang hendak mengukir legenda

pemuda turun ke medan laga tanpa senjata
berjalan tak berseragam, tak ada tanda kasta
menerobos tombak dan panah yang terbang di angkasa
ia bergerilya melawan pasukan tentara
yang berkedok hendak menjadi budak istana

walau hati gelisahnya selalu menunggu berita
dan malam yang tak kunjung pagi juga
berdebar rindu akan semerbak udara
ditiupkan mesra dari awan yang didamba

kakinya melangkah lunglai ke arah telaga
menolak deras arus lahar yang jumawa
setiap darahnya keluar lagi dari luka lama
setiap itu pula dicucinya dengan air mata
kadang membekukan hati dan melelahkan jiwa
tapi ia selalu percaya di ujung nanti ada yang menyambutnya
itulah awan yang meneduhkan dalam mimpinya

meski demikian jejak pemuda tak lama pun berhenti juga
sebab awan khilaf mengkhianatinya
mengikuti kehendak permaisuri dan raja
yang tak selalu benar selamanya

sobekan-sobekan luka di badannya kian terasa meradang
tembok-tembok di sekitar rubuh menjadi kandang
rantai berkarat berapi berduri erat mengekang
gelombang demi gelombang musuh datang kembali menyerang

tersungkur ia angkat wajah coba melihat ke balik kabut
awan hanya diam sunyi berpura-pura menjadi selimut
tersenyum rapi, tertata, wangi, dan lembut
tak menenggang rasa dia telah membuat pemuda kalut

tentara merah pun berpesta dan mensyukuri
mereka mengelabu tega menenggelamkan warna pelangi

lorong putih, ruang sunyi
derap langkah serasa mendekati
mungkin telah datang yang paling pemuda inginkan saat ini
sang pencabut urat dan nadi

namun tiba-tiba jemari kecil peri
lembut menggenggam tangan pemuda pucat pasi

penat yang menginjak dan amarah yang terpendam
tangis pilu dan harapan yang tenggelam
gelap dan pedih yang memburamkan mata hati
semua luluh lantak berhamburan dan berhenti

pemuda bangkit, jangan menyerah, tetaplah bertahan

kamu bukan si rupawan berparas pangeran
tak akan dunia melihatmu dengan kasihan
mereka baru menampar dan menginjakmu
belum mencabut kaki dan tanganmu

bertarunglah kembali sampai suara sangkakala

di tempat orang-orang berpikiran sempit jadi pujaan
di masa orang-orang tak muak hidup dalam kemunafikan
di dunia orang-orang berhati dangkal mendapat kehormatan
kau akan disudutkan, dilupakan, dan ditekan

hembuskanlah nafasmu hanya di celupan nirwana
karena di kobaran durjana, kau tak akan memenangkan apa-apa

dan kamu, awan muram kelabu, hapuslah mendungmu
gunting ekor dan tebas tanduk merah itu
dengarkan kata hanya dari hatimu yang bercahaya
bakarlah kumandang tirai yang menutupinya

batu-batu kan temani kalian dalam topan
serta daun-daun kan teduhi kalian dalam hujan
salah dan benar datangnya bergantian
dan yang berakhir bahagia adalah yang bersama kebenaran

 

 

– dengan memperingati hari kebangkitan nasional, mari kita tingkatkan kesadaran diri menuju peradaban yang madani –

teman dari masa lalu

terkadang, ada kalanya ketika saya terbentur pada suatu problema, saya bingung tidak tahu harus bertanya pada siapa. bukan krn problemanya besar, tp krn problemanya adalah buntut dari suatu peristiwa yg panjang, yg apabila ditanyakan maka akan butuh penjelasan yg lebar dan waktu yg lama utk mengulas latar peristiwanya jauh ke belakang. misalnya saat sedang menulis kode suatu perangkat lunak (atau dlm istilah kami para buruh kode, sering disebut ngoding. asalnya dari mengoding. awalan me- + koding. koding berasal dari coding. code + ing). manakala saya sudah lama tercelup ke dalam kode yg terpaksa saya tulis sendirian krn tdk ada tim, misalnya krn lokasi yg jauh, satu waktu saya menemui kebuntuan. jika kebuntuannya msh dlm cakupan problema yg bisa dianalogikan dg suatu cuplikan kode, atau suatu kasus pengolahan data, maka tidak sulit bagi saya untuk menanyakannya pada teman2 saya, biasanya via whatsapp, email, atau fb. namun, di lain waktu saya menemui problematika kode yg sudah sangat kompleks, yg tidak mgkn kasusnya dianalogikan lagi, orang yg ditanyakan harus melihat langsung keadaannya, untuk mengerti apa yg terjadi, tidak cukup hanya dgn mengirimkan beberapa baris kode saja. kalau sudah begini, tidak mgkn saya mengirimkan semua kepada mereka, terus suruh install ini itu, set ini itu, mereka juga punya pekerjaan lain, urusan lain, dan mgkn ingin menggunakan waktu luangnya untuk istirahat. hanyalah tuhan dan saya sendiri yg tahu, apa yg sudah saya tulis di dalam situ. so, yg bsa dilakukan hanya berserah diri pada yg maha kuasa, sambil merenungi dan membaca kembali kode itu baris demi baris. pada saat itu seolah olah muncul teman dari masa lalu. yaitu diriku yang dulu, bukanlah yang sekarang. dulu ku seventeen, skrg ngga lagi. bila mana diri saya yg dlu rajin menulis catatan2, tentang suatu informasi yg sudah dilupa oleh diri saya di masa skrg, maka ketika saya membacanya kembali, akan terasa seperti mendapatkan pencerahan yg dikirim oleh tuhan lewat hari hari di masa lalu. alhamdulillah.. hasbunallah wa ni’mal wakil.. ni’mal maula wa ni’man nashir.. eureka! eureka! its alive! its alive! orang bijak pernah berkata: ”ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” orang bijak 2 juga berkata: “bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan, tapi tidak mengikatnya. begitulah ilmu bila tidak ditulis.” orang bijak 3 pun berkata pula: ”hafalkanlah. terutama tulislah. bila engkau lupa, maka tulisanmu akan membantumu.” disclaimer: tdk berlaku untuk mengerjakan ujian. itu namanya mencontek. kecuali klo ujian open book.

ganteng-ganteng kambing

saya belum punya kambing. namun, mengingat popularitasnya di musim haji seperti skrg ini sedang meningkat, tidak ada salahnya apabila saya sejenak meresapi, berkontemplasi, dan merenungi, adakah bulu yang bisa dipetik dari kambing, haiah, maskudnya, adakah pelajaran yang bisa dipetik dari wedhus alias kambiang. oke, markimul.

mari
kita
mulai

di dunia ini ada banyak jenis pekerjaan. mulai dari yang identik dengan pakaian rapi dan perkantoran yang berada di gedung tinggi, sampai yang tidak perlu pakai pakaian yang rapi dan kantornya berada di alam terbuka. apakah itu? coba tebak.

haa?? petani?? salah. yang benar adalah penggembala.

apa sih istimewanya penggembala? ketika seseorang menggembalakan hewan, secara tidak langsung dia telah mengikuti beberapa tahapan dari latihan kepemimpinan.

pertama, dia berlatih melapangkan dada sewaktu mengarahkan dan menggiring gembalaannya ke padang rumput, dan juga ketika pulang ke kandang.

lalu, dia juga harus melatih ketajaman mata untuk mengawasi agar tidak ada hewan yg tercecer atau ketinggalan di jalan, atau tiba2 keluar dari kawasan penggembalaan.

kemudian, dia juga harus mempersiapkan mental dan fisiknya sehingga apabila sewaktu-sewaktu ada ancaman dari binatang buas, pemburu iseng, atau pemuda setempat, yg hendak mengganggu gembalaannya, ia dapat melindungi hewan2 malang tersebut dengan gagah berani.

bonus dari latihan sabar mengarahkan dan menggiring adalah sifat telaten. bonus dari latihan mata yg awas adalah kepedulian. bonus dari latihan mental dan fisik yg kuat adalah tanggung jawab..

“with great power, comes great responsibility.” – uncle ben

nah, dari sekian macam jenis penggembala, ada orang yg bekerja sebagai penggembala kuda, ada juga yg menggembalakan sapi. di arab, sepertinya mereka lebih memilih untuk menggembalakan unta. namun, satu yang lebih rendah kastanya daripada 3 hewan di atas, tidak lain adalah penggembala kambing.

inilah spesialnya kambing.

penggembala kambing dapat bonus satu latihan tambahan yaitu kerendahan hati. menggembala saja sudah dianggap sebagai pekerjaan yg kurang bergengsi, bila dibandingkan dengan pekerjaan sebagai direktur di sebuah bank internasional. apalagi ini menggembalakan kambing. dijamin, orangnya akan terlindung dari sifat sombong.

saya belum tahu, mgkn ada lagi latihan2 dan hikmah2 lainnya dari menggembala kambing, sehingga nabi bersabda:

“tidaklah Allah mengutus seorang nabi pun melainkan dirinya pasti pernah menggembala kambing.” – hadits riwayat bukhari

hayo.. gimana.. ganteng kan.. makanya, kalo ada di antara kalian yg mendapat julukan “kambing” dari teman2, berterima kasihlah. karena kalian didoakan menjadi spesial. kambing itu spesial. gembalaannya para nabi gitu loh.

ciao.

serangan jantung mini

pernahkah kamu terkena serangan jantung mini? gejalanya bisa berupa rasa degdegan (palpitasi), bisa berupa rasa cemas (ansietas), bisa berupa rasa perubahan posisi tiba2, atau berupa rasa kaget (terkejut).

waktu saya kecil, saya biasanya mengalami serangan jantung mini saat berada di kendaraan yg melaju kencang ketika melewati turunan landai. sensasinya seolah-olah seperti jantung saya masih ketinggalan di atas. selain itu, saya juga merasakannya ketika mendengar pengumuman dari speaker masjid, yg diawali dgn kalimat, “innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah berpulang…”

saat beranjak remaja, hal yg membuat saya merasakan mini heart attack adalah ketika menjelang pengumuman kelulusan. berbicara tentang kelulusan, tahun ini saya kembali menyimak isu-isu terkait ujian nasional, khususnya tingkat sma, karena adik saya sdg duduk di kelas tiga sma. dari berbagai sumber berita yg saya baca, termasuk dr curhatan adik saya, level kesulitan soal ujian nasional tahun ini dinaikkan, dengan alasan untuk meningkatkan mutu lulusan sekolah.

menurut hemat saya, selagi masih ada anak sekolah yang lulus kemudian merayakannya dengan cara mencoret-coret baju dan pawai keliling kota dgn motor tanpa menggunakan helm, maka artinya mutu lulusan masih jelek. artinya untuk meningkatkan mutu lulusan caranya bukan hanya dengan mempersulit soal ujian nasional. anak-anak seperti itu tidak pantas diluluskan. bila perlu dicabut lagi saja kelulusannya.

keadaan lain yg membuat saya terkena serangan jantung mini di kala remaja adalah apalagi klo bukan cinta.

asik.

klo ini tidak usah dibahas lagi, semua orang sudah tau.
apa? kamu ga tau? ah percuma juga saya jelaskan. kamu tidak sdg jatuh cinta, jd tidak akan mengerti. kadang serangan jantung mininya rasa tarian kupu2, kadang rasa sengatan lebah. klo kata bang radit,

cinta itu kayak marmut lucu warna merah jambu yg berlari di sebuah roda, seolah berjalan jauh tp ngga kemana-mana.

yg satu udah jauh ke padang, yg satu lagi udah jauh ke bandung, tp akhirnya bisa melangsungkan akad nikah juga di bengkulu.
*lha ngapa jd akad nikah*

nikah

ohya, di kalangan orang besar, atau orang dewasa, biasanya serangan jantung mini juga akan terjadi ketika menjelang akad nikah.

selain itu, mgkn akan ada lebih banyak lagi jenis-jenis serangan jantung mini yg lain. maka rawatlah jantungmu. rajin-rajinlah berolah raga dan mengkonsumsi makanan yg sehat. salah satu cara mensyukuri nikmat sehat, adalah dgn cara menjaga kesehatan.
jangan lupa juga meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita kepada yg maha kuasa. supaya apabila suatu saat serangan jantung mini berubah jadi maxi, pahala kita sudah banyak. apalagi sebentar lagi mau ramadhan, mari kita persiapkan diri dengan baik. masa kalah sama iklan sirup dan iklan sarung.

pilihan hidup

setiap manusia.. di dunia.. pasti pernah.. dihadapkan pada pilihan. pilihan ganda. baik ganda hamidah, maupun ganda rection.

wanda-hamidah-333

kadang kita harus memilih di antara dua pilihan, contohnya ketika kita merasa lapar berat dan juga ngantuk berat. apakah kita memilih tidur dulu dlm keadaan perut keroncongan, atau mau makan dulu dlm keadaan terkantuk-kantuk.

ada kalanya juga kita harus memilih satu dari tiga pilihan, misalnya ketika kita ngantuk berat, lapar berat dan juga kebelet buang air besar. apakah mau tidur dgn risiko pup keluar saat tidur, atau mau buang air besar dlu dg risiko tertidur di jamban. atau mau makan dlu dg risiko tertidur + bab di restoran. memang tiap pilihan mempunyai konsekuensi masing2.

ada orang yg memilih 1 di antara 3 pilihan tersebut, tapi ada juga yg memilih untuk tidak memilih 1 di antara pilihan tersebut. mereka bukannya bab dulu, atau tidur dulu, atau makan dulu, tapi malah memilih untuk update status di fb atau twitter atau path terlebih dahulu.

ada lagi kasus lain yaitu ketika pilihannya cuma satu, artinya kita tdk bsa memilih, krn yg tersedia cuma satu itu. contohnya tempat tanggal lahir, apakah dilahirkan di rumah sakit, rumah bidan. lalu keadaan fisik seperti golongan darah, warna mata, warna kulit serta rambut, dan sejenisnya.

saya dlu juga tidak memilih terlahir ganteng. tapi apa daya, tuhan menakdirkan begini pada hamba.. ya alhamdulillah.. disyukuri aja.. semoga saya tdk menjadi org yg sombong..

menjelang tanggal 9 april 2014 ini, banyak orang yg minta dipilih sbg wakil rakyat. manfaatkanlah hak pilih kita sebaik-baiknya. usahakan semaksimalnya untuk mengetahui pilihan mana yg paling baik. banyak caranya. misalnya, orang2 yg berada di kota bandung, walikota bandung kelihatan bagus kerjanya, maka untuk mendukung program2nya, pilihlah wakil2 rakyat dr partai yg mengusung beliau sewaktu pilkada dlu, supaya program2 kerjanya mudah disetujui oleh dprd. tidak nyangkut2, tidak dihambat-hambat. atau bisa kunjungi pranala-pranala di bawah ini:

http://checkyourcandidates.org
http://wikikandidat.com
http://pemiluapps.org
http://ayovote.com
http://bersih2014.net
http://www.jariungu.com
http://app.orangbaik.com
http://majuindonesia.com

apabila kita tdk memilih, sama saja dg memasrahkan nasib kita pada org lain yg memilih. karena tidak ada batas minimum partisipasi untuk menentukan keabsahan pemilu. jadi misal dalam pemilu yg golput 90%, pemilunya tetap akan sah dengan pemenang ditentukan dari 10% suara yg masuk.

bagaimana jika yg 10% itu memilih yang tidak baik? saya pernah diceritakan teman saya di itb dlu yg menjadi tim sukses dari seorang caleg salah satu partai. dia bilang, caleg-caleg itu banyak orang-orang ga jelasnya, bahkan ada yg tidak punya pekerjaan, yg disuruh-suruh dan disponsori oleh preman atau pengusaha. dengan harapan, bila mereka terpilih nanti, para sponsor tersebut bisa menitipkan kepentingan mereka pada si caleg.

so, dengan cara mencari tau, dan menyoblos caleg yg baik, setidaknya kita telah berusaha berbuat sesuatu, mengurangi peluang terpilihnya caleg-caleg yg tidak jelas. sayyidina ali radhiallahu anhu berkata, “kezhaliman akan terus ada, bukan karena banyaknya orang-orang jahat, tapi karena diamnya orang baik.”

namun, apapun pilihan kita, partai pisang, partai manggis, atau golput sekalipun, asalkan ada alasan yg jelas, bukan karena hanya ikut2an, dan bukan karena masa bodoh, bukan karena apatis, maka saya yakin kita semua menginginkan negara ini menjadi lebih baik. dipimpin oleh pemimpin yang lebih baik, diwakilkan oleh wakil rakyat yg lebih baik. harapan itu masih ada. mari kita berdoa supaya apapun yg terjadi pada pemilu tahun ini, apapun hasilnya, membawa kebaikan pada negeri kita tercinta ini. aamiin.

bonus kutipan kata2 dari bapaknya temannya teman saya tentang pilihan hidup:

orang yg nyambung dengan kita, yg kita nyaman dgnnya, dan yg memenuhi kriteria kita, itu nantinya akan selalu ada. maka dari itu, ketika kamu akan memilih pasangan, bukalah matamu lebar-lebar. namun ketika kamu sudah memilih, dan sudah menikahinya, maka tutuplah matamu rapat-rapat.

saya pilih dia.

 

 

hujan dan orang yang terkasih

“hujan, mas?” saya bertanya pada mas deni yg sedang berada di teras malam itu.
“gerimis, mas. mau pulang k kosan?” ujarnya kemudian.
“iya mas, tp ragu, bisi jadi gede ujannya pas lg di jalan.”
“kalau ragu mending jangan mas..” ia menimpali dengan muka datar dan menatap nanar ke titik-titik air yg berjatuhan dr atap.

aksinya itu membuat saya menelan ludah, menjadi yakin untuk tidak pulang dan memilih bermalam di sini saja.

tak lama kemudian petir pun menyambar2, disertai angin kencang. lalu hujan pun turun semakin deras bagai air yang ditumpahkan dr sebuah ember besar di langit ke bumi. alhamdulillah td saya tidak jd pulang.

kemarin sore, bandung juga diguyur hujan deras seperti mlm ini. tidak tanggung2 di beberapa wilayah bahkan hujannya berbentuk butir2 es. selain itu petir dahsyat dan angin kencang pun turut mengiringi. beberapa pohon dan tiang listrik tumbang. baligo dan papan reklame ambruk. jalan-jalan pun tergenang air seketika.

sore hari sekitar jam 4-5 adalah waktunya pulang kerja. apabila hujan turun, maka jalanan bukan hanya menjadi ramai tiba-tiba, tapi juga kacau. orang berebut ingin cepat kembali ke rumah. dengan selamat. sebisa mgkn tidak terlalu basah.

derasnya bulir-bulir hujan yg berjatuhan dr langit menghalau mata untuk memandang jelas. air yg tdnya hanya sebatas menggenangi jalan, kini telah bertambah banyak dan mengalir berarus. tak sedikit orang2 yg jd kewalahan mengendalikan kendaraan mereka terutama pengendara motor. pada saat seperti ini, menurut hemat saya adalah merupakan pilihan yg tepat untuk memacu kendaraan dg kecepatan rendah. selain karena jarak pandang yg menyempit, daya cengkram rem dan juga ban di saat kering, tidak seprima ketika basah.

apabila takut basah krn berjalan pelan, para pengendara motor hendaknya selalu menyediakan jas hujan agar dpt dipakai oleh pengendara mobil. halah. agar dapat dipakai sendiri tentu saja. bahan jas hujan yg baik adalah yg kohesi-nya lebih besar drpd adhesi-nya terhadap air. sehingga apabila ada hujan, air yg mengenai jas hujan itu akan berkelakuan ibarat air di daun keladi..

ibarat air..
di daun keladi..
walaupun tergenang tetapi, tak meninggalkan bekas..
pabila tersentuh..
dahannya bergoyang..
airpun tertumpah, tercurah habis, tak tinggal lagi..

kemudian daripada itu, ada pula hal2 berpotensi bahaya lainnya yg acap kali terjadi di saat hujan badai. boleh jadi ada dahan pohon yg patah, papan reklame yg ambruk, atau seng atap rumah orang yg tiba2 lepas dan melayang ke jalan. belum lagi apabila ada tiang listrik yg tumbang, kemudian kabelnya putus dan masuk ke genangan air. ditambah lg jika ada petir, yg suhunya 7 kali lebih panas dari permukaan matahari, siap menyambar apapun tanpa permisi.

itulah pentingnya kita bermunajat kepada tuhan sebelum memulai perjalanan dan naik kendaraan. tidak hanya di saat hujan badai, tp juga ketika angin sepoi2, di segala situasi dan kondisi. serahkanlah diri kita pada kuasa-Nya. tak ada daya dan kekuatan kecuali atas izin-Nya. kemudian, (apabila punya) jgn lupa mintakan doa dari orang-orang yg terkasih agar kamu selalu mendapat perlindungan dari-Nya.