pilihan hidup


setiap manusia.. di dunia.. pasti pernah.. dihadapkan pada pilihan. pilihan ganda. baik ganda hamidah, maupun ganda rection.

wanda-hamidah-333

kadang kita harus memilih di antara dua pilihan, contohnya ketika kita merasa lapar berat dan juga ngantuk berat. apakah kita memilih tidur dulu dlm keadaan perut keroncongan, atau mau makan dulu dlm keadaan terkantuk-kantuk.

ada kalanya juga kita harus memilih satu dari tiga pilihan, misalnya ketika kita ngantuk berat, lapar berat dan juga kebelet buang air besar. apakah mau tidur dgn risiko pup keluar saat tidur, atau mau buang air besar dlu dg risiko tertidur di jamban. atau mau makan dlu dg risiko tertidur + bab di restoran. memang tiap pilihan mempunyai konsekuensi masing2.

ada orang yg memilih 1 di antara 3 pilihan tersebut, tapi ada juga yg memilih untuk tidak memilih 1 di antara pilihan tersebut. mereka bukannya bab dulu, atau tidur dulu, atau makan dulu, tapi malah memilih untuk update status di fb atau twitter atau path terlebih dahulu.

ada lagi kasus lain yaitu ketika pilihannya cuma satu, artinya kita tdk bsa memilih, krn yg tersedia cuma satu itu. contohnya tempat tanggal lahir, apakah dilahirkan di rumah sakit, rumah bidan. lalu keadaan fisik seperti golongan darah, warna mata, warna kulit serta rambut, dan sejenisnya.

saya dlu juga tidak memilih terlahir ganteng. tapi apa daya, tuhan menakdirkan begini pada hamba.. ya alhamdulillah.. disyukuri aja.. semoga saya tdk menjadi org yg sombong..

menjelang tanggal 9 april 2014 ini, banyak orang yg minta dipilih sbg wakil rakyat. manfaatkanlah hak pilih kita sebaik-baiknya. usahakan semaksimalnya untuk mengetahui pilihan mana yg paling baik. banyak caranya. misalnya, orang2 yg berada di kota bandung, walikota bandung kelihatan bagus kerjanya, maka untuk mendukung program2nya, pilihlah wakil2 rakyat dr partai yg mengusung beliau sewaktu pilkada dlu, supaya program2 kerjanya mudah disetujui oleh dprd. tidak nyangkut2, tidak dihambat-hambat. atau bisa kunjungi pranala-pranala di bawah ini:

http://checkyourcandidates.org
http://wikikandidat.com
http://pemiluapps.org
http://ayovote.com
http://bersih2014.net
http://www.jariungu.com
http://app.orangbaik.com
http://majuindonesia.com

apabila kita tdk memilih, sama saja dg memasrahkan nasib kita pada org lain yg memilih. karena tidak ada batas minimum partisipasi untuk menentukan keabsahan pemilu. jadi misal dalam pemilu yg golput 90%, pemilunya tetap akan sah dengan pemenang ditentukan dari 10% suara yg masuk.

bagaimana jika yg 10% itu memilih yang tidak baik? saya pernah diceritakan teman saya di itb dlu yg menjadi tim sukses dari seorang caleg salah satu partai. dia bilang, caleg-caleg itu banyak orang-orang ga jelasnya, bahkan ada yg tidak punya pekerjaan, yg disuruh-suruh dan disponsori oleh preman atau pengusaha. dengan harapan, bila mereka terpilih nanti, para sponsor tersebut bisa menitipkan kepentingan mereka pada si caleg.

so, dengan cara mencari tau, dan menyoblos caleg yg baik, setidaknya kita telah berusaha berbuat sesuatu, mengurangi peluang terpilihnya caleg-caleg yg tidak jelas. sayyidina ali radhiallahu anhu berkata, “kezhaliman akan terus ada, bukan karena banyaknya orang-orang jahat, tapi karena diamnya orang baik.”

namun, apapun pilihan kita, partai pisang, partai manggis, atau golput sekalipun, asalkan ada alasan yg jelas, bukan karena hanya ikut2an, dan bukan karena masa bodoh, bukan karena apatis, maka saya yakin kita semua menginginkan negara ini menjadi lebih baik. dipimpin oleh pemimpin yang lebih baik, diwakilkan oleh wakil rakyat yg lebih baik. harapan itu masih ada. mari kita berdoa supaya apapun yg terjadi pada pemilu tahun ini, apapun hasilnya, membawa kebaikan pada negeri kita tercinta ini. aamiin.

bonus kutipan kata2 dari bapaknya temannya teman saya tentang pilihan hidup:

orang yg nyambung dengan kita, yg kita nyaman dgnnya, dan yg memenuhi kriteria kita, itu nantinya akan selalu ada. maka dari itu, ketika kamu akan memilih pasangan, bukalah matamu lebar-lebar. namun ketika kamu sudah memilih, dan sudah menikahinya, maka tutuplah matamu rapat-rapat.

saya pilih dia.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: