wajah kampusku saat liburan*

sore itu, 24des08 tepatnya setelah prepro devon, aku kedatangan tamu dari jakarta. 7 org anak kelas 3 sma, yg salah satunya bernama avril (nama dan jenis kelamin disamarkan) adalah rekanku di sfc (suatu fans club), ehehe.. 2 orang dari mereka ini hendak meneruskan jenjang pendidikannya ke fakultas seni rupa dan desain di kampusku. jadi pada hari itu mereka datang k bandung utk melihat-lihat calon kampusnya nanti..

namun agak sedikit disayangkan, sepertinya mereka datang di saat yang kurang tepat. ntah karena sedang liburan atw apa, keadaan kampusku saat itu menurutku tidaklah terlalu baik untuk dipamerkan kepada mereka.

saat baru datang, avril bilang, kami sdg makan di kantin dekat gerbang belakang. kantin dekat gerbang belakang dalam pikiranku adalah sederet warung makan tempat terjadinya tragedi tragis yg pernah menimpa ray si ketua boulevard-salah satu penerbit media cetak di kampus ini. aku tidak langsung menuju ke sana karena masih ada urusan di perpus sampai aku disuruh pulang secara sepihak oleh ibu perpus (memang waktu besuk perpus sudah abis sih waktu itu..). kemudian avril bilang lg, kami menunggu di bni. dlm pikiranku lagi, jika mereka dari gerbang belakang, tentu bni yg dimaksud adalah bni yg di gku timur. aku juga tidak langsung menuju ke sana, krn sudah ashar, jd aku sholat dlu di mushola if lantai 1. kemudian si avril bilang lg, kami sholat dlu di mushola fsrd. hmm.. sepertinya ada yg aneh..

beberapa menit kemudian, tibalah saatnya pertemuan, ini adalah pertemuan pertama kali kami di darat setelah sekian lama kami berkenalan di udara.. kami bertemu di depan peta di sebelah atm bni, di kampus depan. ya, ternyata yg avril bilang kantin dekat gerbang belakang td adalah gelap nyawang. padahal gelap nyawang itu ada di depan kampus.. so, gerbang belakang yg avril maksud adalah gerbang depan, iya, gerbang depan kita kawan.. jleb jleb..

okelah, lupakan, gerbang ga begitu penting la yaa, yg penting isinya.. pekerjaan sbg tour guide sekaligus tukang foto pun dimulai. pertama aku ajak mereka ke arah plaza widya. saat melewati boulevard kampus, aku katakan pada mereka, ini namanya cc, campus center, mereka pun ber-ouu panjang.. ini lapangan basket dan voli, ujarku sambil menunjuk ke arah kiri, lalu ini lapangan cinta, ujarku sambil menunjuk ke arah kanan.. frase “lapangan cinta” tentu saja menggelitik sisi keremajaan mereka untuk menanggapinya dgn cara khas anak2 muda.. hmm dasar kalian, lalu aku katakan lagi,

“lampu2 yg di lapangan cinta ini, listriknya berasal dari energi..” belum sempat aku melanjutkan, mereka sudah menyambung dgn:
“energi cinta??”
“bukaan,, energi surya..” – –
“ouu..”

dari cc, aku mengajak mereka naik ke atas ke tugu sukarno, disana foto sekali. lalu terus ke kolam2 not balok indonesia raya. aku jelaskan pada mereka, bahwa keramik yg warnanya beda itu adalah not balok lagu indonesia raya.. tentunya mereka terkagum-kagum. sayangnya, di sini aku sudah mulai melihat banyak lumut di kolam itu..

dari sana aku giring nidji mereka lagi ke kolam indonesia tenggelam, air mancurnya hidup waktu itu. namun lagi2 sayang, butuh usaha yg maksimal untuk melihat gambar peta indonesia di dasar kolam tersebut.. airnya hijau, hijau sekali, warna kesukaanku.. lalu aku alihkan saja perhatian mereka pada keramik2 disisi kolam terebut yg bisa menunjukkan arah lokasi jurusan2 di kampus.

lanjut lagi ke atas, kali ini ke lantai gema.. sebelum sampai ke lantai gema aku sudah memberikan spoiler pada mereka tentang lantai spesial itu, lantai yg bisa membuat suara orang yg berbicara diatasnya menjadi terdengar lebih jauh, yg sulit terjadi jika berbicara di atas lantai biasa.. sesampainya disana, terlihat sedikit kekecewaan di wajah mereka. mgkn lantai gema tdk seperti yg mereka bayangkan, mgkn karena aku memberikan spoilernya terlalu wah. selain itu, ada beberapa retakan disisi-sisinya.

selanjutnya, tempat yg kami satroni adalah kantin bengkok. sama seperti sebelumnya, kali ini aku juga memberikan spoiler sedikit ttg kantin bengkok.. kantin yg interiornya bengkok2.. kira2 bgitulah deskripsi dariku saat itu.. mendengar itu, tentu saja mereka kembali berbinar-binar. namun setelah sampai, mereka bilang, “aah, lebai daa..” baiklah, mgkn krn aku terlalu bersemangat juga pada saat mendeskripsikan tadi. selain itu, keadaan kantin pada waktu itu juga rada kotor..

ada kejadian menarik yg terjadi di kantin bengkok ini. salah seorang dari mereka tiba2 bertanya “kak, kampus kakak ga demo bhp ya?” aku agak shock juga dg anak ini, kok tiba2 nanya begituan. apalagi setelah itu pertanyaan yg keluar adalah: “emang kenapa si diprotes kak?”.. apakah ada selebaran di sekitar situ atau apa terkait bhp yg terbaca oleh mereka, aku tidak peduli. aku lebih memikirkan jawaban pertanyaan tadi. alhamdulillah beberapa hari yg lalu, semalam sebelum aksi menolak pengesahan ruu bhp, aku sempat membaca file ruu bhp + analisisnya dari km, yg dikirim aji ke milis..

dari sana kemudian aku mengajak mereka k slasar geodesi, yg ada denah 3-dimensi kampusnya.. di sini foto juga. sayangnya denahnya ad yg rusak, seingatku, pada tahun 2006, saat aku sering ke tempat ini untuk rapat tim medik pasar seni, denah ini juga sudah rusak. sepertinya tidak tersentuh rencana perbaikan, atau rehabilitasi atau dll nya, padahal denah ini termasuk hal yg keren untuk dipamerkan looh..

akhirnya, kami pun berjalan melewati gedung kuliah fsrd, trus keluar dari samping dekat parkir sr, trus ngliat-liat patung2 sr. trus, karena mereka sudah terlihat seperti kelelawar, eh, kelelahan maksudnya (maklumlaa, jalannya lumayan jauh kan tu, klo aku sii masi kuat, mgkn karena ikut romusha**, ehehe) tour pun diakhiri di gerbang depan.. yah lumayanlaa udah kira2 seperempat kampus dijejaki.. lalu merekapun pamitan di gerbang depan.. sudah..

*) terinspirasi dari tulisan soe hok gie yg berjudul  “wajah mahasiswa ui yang bopeng sebelah”
**) sebutan untuk latihan fisik tim bola if

Advertisements

together we’re invincible

sebelum bulan november berakhir, aku tulis dikit aja dulu..

bagi yg mencari bahan tentang mukrab, coba lihat di archive bulan desember 2007, dengan judul: tetralogi pabm. fyi, pabm adalah singkatan dari persembahan angkatan buat mukrab.

pada post tersebut, anda mungkin tidak akan menemukan bahan2 tentang bagaimana cara mengakrabkan angkatan, atau pun teknik-teknik praktis untuk membuat persembahan angkatan yg asoi..

tapi setidaknya anda menyadari, bahwa seorang anak remaja di era informatika yg biasa2 saja, bisa mendapatkan banyak teman dan pengalaman berharga lainnya, dengan mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam mukrab.

ayolah, jangan biarkan teman2 anda bekerja sangat berat sehingga tidak lagi bisa menikmati manisnya mukrab.. mereka disana, menanti, menunggu kalian..

you’re not alone
together we stand
i’ll be by your side, you know I’ll take your hand
when it gets cold
and it feels like the end
there’s no place to go
you know I won’t give in
no I won’t give in

so far away
i wish you were here
before it’s too late, this could all disappear
before the doors close
and it comes to an end
with you by my side I will fight and defend
i’ll fight and defend

keep holding on
’cause you know we’ll make it through, we’ll make it through
just stay strong
’cause you know I’m here for you, I’m here for you
there’s nothing you could say
nothing you could do
there’s no other way when it comes to the truth
so keep holding on
’cause you know we’ll make it through, we’ll make it through

(avril lavigne, keep holding on, ost. eragon)

*) terinspirasi dari lagu muse yg berjudul “invincible”

silly wangi

sore itu, aku mengikuti acara buka puasa bersama anak2 ff di taman ganesha di sebelah masjid salman itb. aku duduk paling belakang. ada 4 orang temanku yang juga duduk dibarisan yang sama denganku. suasana khidmat. tiba2 ada sesuatu jatuh dari langit yang mengenai kepalaku, dan beberapa orang di sekitarku. aku masih mengira “sesuatu” yang terasa basah tersebut adalah air hujan.

“eh, ujen!” ujarku lirih sambil memandang ke langit (aku lebih suka menyebut hujan dengan kata ‘ujen’, lebih praktis dan empuk untuk diucapkan). sampai ketika salah seorang teman yang duduk di dekatku berteriak:
“manuk! manuk! manuk barareak! manuk barareaaak!!”

aku sempat menduga-duga sebentar terjemahan kata2 dari bahasa sunda yang baru saja keluar dari mulutnya. manuk artinya burung, sedangkan barareak mungkin adalah bentuk jamak dari suatu kata yang artinya adalah ee’.
wueeeeeekkk..!! wuawuawuawawa!! mhuahuahauhauhau,.. hiks! hiks! kaing kaing.. kepanikan internal yang diselingi dengan ucapan tasbih, takbir dan istighfar di barisan paling belakang pun terjadi. ternyata burung2 yang terbang di atas taman ganesha ini sempat menjatuhkan mortir2 buatan organ pencernaannya. dan tepat mengenai sasaran. salah satunya ubun2ku. serta ubun2 temanku yang lain. ada juga yang cuma kena baju atau celana sih.

itulah satu dari beberapa kisah anak itb yang pernah menjadi korban agresi burung2 koak yang bermukim di atas pohon2 di sepanjang jalan ganesha. ya, burung koak adalah hewan nomor 3 paling populer di itb setelah gajah (bentuk dewa yang menjadi lambang itb) dan maung bandung (salah satu julukan persib). posisi ke-4 diduduki oleh trio ulat-kepompong-kupu2 yang jadi naik daun jika sedang musim kaderisasi. sedangkan di posisi ke-5 ada anjing dan kucing, duo pendatang baru ini naik 7 peringkat dari posisi sebelumnya pada pekan lalu, halah, mulai lagi deh disorientasi tulisannya.. tapi bener loh anjing dan kucing juga banyak beredar di itb..

banyaknya hewan yang datang ke itb, dan pohon2nya yang rimbun dan anggun, membuatku berkesimpulan bahwa itb mempunyai lingkungan dan suasana yang nyaman, asri, healthy, hommy dan aahh.. disingkat nahha. tapi sekarang, suasana yang nahha ini tersentuh sebuah rencana dari serakahnya kota. babakan siliwangi (baksil), ruang terbuka hijau kota bandung, yang jaraknya cuma sejengkal dari itb, mau diubah jadi area komersil. jika rencana ini jadi direalisasikan dan pohon2 yang ada di baksil ditebangi,, maka: mampooos.. (maaf blum menemukan kata lain yang pas)

walopun bukan anak teknik lingkungan, walopun bukan anggota greenpeace, tapi little2 aku ngerti juga bahwa hutan itu banyak gunanya, diantaranya sebagai penahan air, dan juga sebagai penyaring udara. lah kalo hutan terus2an diganti dengan tembok, sedangkan tembok ga pernah diganti jadi hutan, trus kita gmn? apa lagi yang bisa nahan air biar kita ga kebanjiran dan ga kena longsor? apa lagi yang nyaring udara biar kita ga sesak nafas dan ga terbakar pantulan sinar matahari? anak istri dan cucu kita nanti gmn?

naah, mumpung sekarang ini masih bulan mulia, mari sama2 kita doakeun supaya baksil dan hutan2 lainnya tetap lestari yaa,. juga supaya orang2 yang serakah itu segera sadar dan menjadi aktivis pencinta alam..

lot of thanks to cuz a.k.a. wisnu adityo untuk informasi yang keren-keren.
untuk info lain mengenai baksil ini, bisa dilihat di:
http://savebabakansiliwangi.wordpress.com
dan juga berikan suara kalian untuk baksil di:
http://www.petitiononline.com/baksil/

forward pesan dari cuz:

[PENTING!!!]
Saya BENAR-BENAR BERHARAP pada kepedulian teman-teman pada masalah Baksil ini, sebagai masalah lingkungan terdekat kita. Saya lihat masih banyak anak IF yang belum tahu menahu mengenai masalah Baksil. saya harap teman2 mau mencari tahu lebih lanjut mengenai masalah Baksil ini, apalagi sudah diberikan fasilitasnya (uda dikasi link, tinggal dibuka dan dibaca gitu loh). JANGAN SAMPAI KITA (MASYARAKAT IF) DIANGGAP APATIS KARENA TIDAK MEMPEDULIKAN MASALAH2 DI SEKITAR KITA. Atas perhatiannya, terimakasih

out of topic: wuihhh, udah lihat vid klip laskar pelangi-nya nidji belum? brrrr,, merinding awa dibuatnya,, kayaknya filmnya bakal bagus banget. kerenlah, maju terus film indonesia!

-just write what you can’t remember, what you can’t tell-

air tanah cinta (atc)

sedianya, judul posting kali ini adalah cinta tanah air. namun, mengingat tren yg sedang berkembang di masyarakat saat ini, yaitu kebanyakan judul yg diakhiri kata cinta akan menjadi best seller (ada apa dengan cinta (aadc), ayat ayat cinta (aac), dan lain lain (dll)), maka judul posting ini pun bernasib demikian..

apa sih yg bisa meningkatkan rasa cinta tanah air? sejak es-de sampai es-em-a, aku diajarkan guru pmp-ppkn bahwa salah satu cara meningkatkan rasa cinta tanah air adalah dg upacara bendera setiap minggu setiap hari senin, selain untuk mengenang jasa para pahlawan.. namun, aku pikir, upacara tidaklah terlalu significant dalam meningkatkan rasa tersebut. menonton timnas indonesia berlaga di ajang piala asia, mendengar kabar bahwa tim antarmuka berhasil meraih rural innovation award di ajang imagine cup, menonton nova widianto-lilyana natsir bertanding di olimpiade beijing, sepertinya lebih bisa membangkitkan rasa cinta tanah air, khususnya bagi remaja sepertiku.. cieh, remaja..

kenapa sih tanah air kita pantas untuk dicintai? apakah karena kita berpijak di tanahnya dan meminum airnya? jika seandainya kita adalah rakyat negara lain, misalnya israel, apakah kita akan tetap mencintai tanah air? atau malah malu karena bertanah air nakal? hmm..

oiya, katanya tanah air kita ini udah merdeka 63 tahun. tp, dari arti kata “merdeka” (tau ga arti kta merdeka? aku juga baru tau saat tingkat 3 awal, dikasi tau salah seorang dosen itb, mau tau? hoho, klo mau, pm aja yaa..), menurutku kita belum merdeka. jadi, yg 63 tahun itu ya, proklamasinya. abis gmn mau merdeka beneran, lha wong di pemerintahan dan di dewan wakil rakyat aja masi ada (agak banyak malah) orang2 nakal, dan bodoh..

//intermezzo
aku jadi ingat joke dari salah seorang dosen di teknik informatika, ini beda dg dosen yg td loh ya, kata beliau kira2 gini: “mahasiswa yg dapet nilai a, ntar pas udah lulus akan menjadi dosen. yg dapet b, jadi pegawai. yg dpt c, jadi pengusaha. nah yg dpt d ama e, inilah yg jadi anggota dpr..” ini beneran kata si dosen itu loh ya..
//end of intermezzo

trus, generasi mudanya, dari kecil udah dicekoki dg sinetron sampah dan film horor ga jelas serta lagu2 untuk orang dewasa. selain itu, beberapanya juga udah mulai mempraktikkan kecurangan seperti titip absen. olala.. di kampusku aja, meskipun banyak keunggulan2 dan kebaikan2, masi ada yg nitip absen pas kuliah, padahal kampusku ini katanya “institut terbaik bangsa” loh,,

//intermezzo 2
ngomong2 kampus, aku jadi ingat percakapan antar 2 orang, di kursi di belakang kursiku, dalam sebuah travel yg aku tumpangi dari jakarta ke bandung. kira2 beginilah dialognya:
(nama disamarkan)
frengki: eh, sori, gw frengki, nama lo siapa?
jordi: jordi,
frengki: kuliah dmn? angkatan?
jordi: unb (anggaplah unb ini nama kampusku), teknik penggaraman 2006, kamu? (anggaplah teknik penggaraman ini nama jurusan, disamarkan juga)
frengki: hoo, gw teknik sastra-wardaya, udh lulus gw,, (anggaplah teknik sastra-wardaya ini nama jurusan, disamarkan juga)
frengki lagi: unb skrg gmn? belajarnya enak ga?
jordi: ngngng.. (mikir bentar, agak lama, akhirnya belum sempat dijawab, si frengki udah nanya lagi)
frengki: dosennya gmn? enak ga?
jordi: ngngng.. (mikir bentar, agak lama juga) ada yg enak, ada yg ngga sih..
frengki: rektornya gmn?? enak ga??
dan sodara-sodara mungkin sudah bisa menebak, dari tiga pertanyaan berurutan td, pertanyaan terakhir inilah yg paling cepat dijawab oleh si jordi, dgn suara yg lantang dan meyakinkan serta tanpa perlu dipikir panjang-panjang..
//end of intermezzo 2

haduu, udah dulu ah, capek. maap klo isinya acak2an dan menggantung-gantung. oiya, krena tulisan yg baik harus ada pesannya, maka pesanku begini aja (sebenarnya pesan dari aa gym sih, di modip dikit depannya):

untuk mengubah tanah air kita tercinta ini menjadi lebih baik, lakukanlah dgn 3m.
mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yg kecil, dan mulai dari saat ini..

dan satu lagi:

katanya yg bisa menindas mahasiswa hanya tuhan, itupun kalau dia mau.

dan terakhir, (yg ini beneran terakhir,, janji deh):

karena bentar lagi mau ramadhan, biar ibadahku diterima, tolong semuanya maaafin kesalahan2-ku ya,, pliiss.. insy4jj yg ada salah, udah aku maafin juga.. selamat menunaikan ibadah shaum.. semoga ramadhan kita kali ini lebih baik dari ramadhan2 sebelumnya..^^

-just write what you can’t remember, what you can’t tell-