aphelion


walaupun sudah berumur, saya masih suka nonton film kartun, misalnya serial avatar: the last airbender. salah satu tokoh yg cukup nyentrik di serial tersebut namanya azula, putri kerajaan api, anak dari raja api ozai. azula ini jahatnya ga ketulungan, ditambah lagi dia pintar dan berbakat.

tapi ada satu perkataan azula yang bisa dijadikan pelajaran bagi para perempuan, azula bilang kepada ty lee tentang banyaknya pria yg menyukai ty lee.

“those boys only like you because you make it so easy for them. you’re not a challenge. you’re a tease. it’s not like they actually care who you are.”

hari jumat yang lalu, terjadi suatu fenomena alam pada bumi. bumi menjadi lebih dingin dari biasanya. ternyata bumi sedang berada di titik terjauh dari matahari pada orbitnya. aphelion. saya benar2 kedinginan dan kurang enak badan pada hari itu dan beberapa hari sebelum dan sesudahnya. saya keluar kosan menggunakan dua lapis jaket.

tapi di luar, saya menemukan beberapa orang masih memakai celana super pendek dan baju tanpa lengan. entah mereka ini punya ilmu kebal, atau otaknya udah lebih gila dari saya. yang jelas, saya jadi teringat perkataan azula tadi lagi.

saya juga jadi teringat beberapa minggu yang lalu teman saya, sebut saja namanya bram alias irfan membeli sepatu di ciwalk. dia memilih-milih sepatu, dilihat-dilihat yang dipajang di rak, di tumpukan di tengah-tengah toko. dia ambil satu, dia pegang2, dia coba pakai, dia coba jalan dengan sepatu itu, lalu pindah ke toko lain, melakukan hal yang sama pada beberapa sepatu. hingga akhirnya dia kembali ke toko pertama untuk membeli sepatu yg tadi sudah dicobanya.

namun apa yang terjadi? sama seperti hampir semua pembeli lain, dia meminta petugas untuk mengambilkan sepatu yang sama modelnya dengan yg dia coba tadi, tapi yang masih baru, yg masih segel, yg masih di dalam kotak, bukan sepatu yg sudah dicoba-coba itu. hmm..

mudah-mudahan bisa diambil pelajarannya dari perkataan azula dan dari sepatu pajangan yg hanya untuk dicoba-coba itu tadi. bumi boleh berada di titik terjauh dari matahari, tapi sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, dimana diharapkan dapat membuat kita lebih mendekatkan diri lagi pada tuhan yang maha kuasa, maha pengampun. semoga kita mendapat ampunan atas dosa-dosa yg pernah kita perbuat, dan tidak mengulanginya lagi.

selamat menjalankan ibadah-ibadah di bulan ramadhan, mohon maaf atas semua kesalahan yang pernah saya lakukan.

Leave a comment