walau harus mati di lapangan


ingatkah kalian tentang pertandingan final liga champion musim 2004-2005? tentang keyakinan para pemain liverpool bahwa mereka akan menjadi juara malam itu. tentang semangat pantang menyerah para pemain liverpool yang membuat mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah tertinggal 3-0 dulu di babak pertama. tentang kesetiaan para liverpudlian yang tetap mendukung meskipun tim sedang dibantai sehingga akhirnya dihadiahi kemenangan dramatis dari adu penalti.

atau yang terbaru, kisah salah satu pertandingan dari piala afrika pada tanggal 10 januari yang lalu. tentang angola vs mali. tentang angola yang sudah menang 4-0 sampai menit ke-79. tentang kegigihan para pemain mali yang akhirnya berhasil membuat skor pertandingan itu menjadi 4-4.

gmn? ingat ga? kisah nyata diatas sengaja saya ungkit karena saya melihat pada pertandingan minggu lalu (walaupun rada telat, yah lumayan telat banget juga si) banyak para pemain tim sepakbola hmif sekarang yang kurang semangat di lapangan. beberapa dari kalian sepertinya hanya mengharapkan teman kalian bersemangat, sedangkan dirinya sendiri tidak semangat dan cenderung membuang-buang bola. padahal babak pertama kalian baru ketinggalan 1-0.

kalian pasti kenal dengan park ji sung. walaupun dia bukan personil suju, dia adalah pemain timnas korea selatan dan manchester united. dia terlihat sangat gigih di setiap pertandingannya, seolah-olah dia rela walaupun sampai harus mati di lapangan. dia cepat, lincah, cekatan, cerdas, dan berkeringat. tapi berkeringatnya bukan karena lari asal-asalan, gerakannya tetap efektif dan efisien, makanya dia dikontrak man utd.

jadi kembali lagi, yang kurang dari kalian itu tu sebenarnya suman semangat dan keyakinan. kalo masalah skill, kalian itu sudah mumpuni laa di setiap lininya. percayalah. lha wong kalian masuk timnas kan diseleksi, bukan dilotre.

nah, tentang skill ini, ada sebuah kisah menarik lagi dari generasi gerbong emasnya timnas negara france (bahasa indonesianya france itu prancis apa perancis si?). pada piala dunia tahun 2002, saat itu france diperkuat oleh 3 striker terkenal. mereka adalah topskor di liga masing-masing. thierry henry topskor di liga inggris bersama arsenalnya, david trezeguet topskor di liga italia bersama juventusnya, serta djibril cisse topskor di liga france bersama auxerre. tapi apa yang terjadi pada mereka di piala dunia waktu itu? timnas france pulang dari piala dunia 2002 tanpa gol satu biji zarah pun! bahkan gol ke gawang sendiri pun tidak. tahukah kalian apa yang menyebabkan itu terjadi? tahu ga? nah, baguslah kalo sudah tahu. saya ga tahu sebenarnya, makanya itu nanya.

yasudahlah, cukup sekian saja kata pengantar dari saya. ini jam 4 harus ngumpulin dokumen ta ke tu. padahal masi ada beberapa revisi. tapi saya bangga pernah menjadi bagian dari timnas sepakbola hmif. saya bangga memakai kostumnya. saya saya ingin memberi dukungan pada timnas hmif meskipun hanya lewat tulisan.

ingat kata-kata kapten kita terdahulu, “ewa, ewi, ewu!” yang artinya kurang lebih begini: “walaupun kalah di awal, berjuang lagi dengan gigih, kemudian jadi juara!”

ayo semangat timnas sepakbola hmif!! push till the limit!!

untuk tuhan,
bangsa,
dan almamater,
merdeka!!!

*almamater disini sementara maksudnya adalah hmif loh ya. sementara doang kok.
Advertisements

6 Responses

  1. assa.
    gw sbg kiper cadangan en pelatih kiper timnas wanita hmif jg agak kcewa dgn tim, tp gpp lah namany jg mahasiswa, bkn tugas utamany maen bola hag2. smoga ke depanny lbh baik amin
    wass.

  2. wa’alaykumussalam wr wb..

    iya si, padahal lawan kita juga mahasiswa, sama2 bukan tugasnya maen bola..

    amiin..

  3. tulisannya keren chenk.
    koreksi dikit, piala dunia 2002 di jepang bukan di jerman. šŸ˜€

  4. ehe, thanks ray,
    tp ga sampai dipuji pa imam kok ray.. šŸ˜†

    eiya ya di jepang & korsel bukan si?
    ahahai, aku lupa..

  5. +ngangguk ngangguk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: